Mengenal Lebih Jauh Teknologi Blockchain di Indonesia

Mengenal Lebih Jauh Teknologi Blockchain di Indonesia

Mengenal Lebih Jauh Teknologi Blockchain di Indonesia Belakangan ini, di kalangan masyarakat Indonesia istilah “Bitcoin, Crypto” sangat populer baik dikalangan komunitas IT hingga masyarakat awam. Fenomena ini berawal dari masuknya teknologi canggih terbaru bernama Blockchain yang menjadi sorotan bagi masyarakat umum di Indonesia.

Bagi Anda yang belum mengetahui dan mengenal apa itu Teknologi Blockchain, simak berikut ini penjelasannya serta perkembangannya di Indonesia !

Apa itu Teknologi Blockchain ?

Teknologi Blockchain merupakan tempat penyimpanan data digital yang aman, transparan, serta permanent. Blockchain terdiri dari 2 kata, yaitu block (blok) dan chain (rantai) yang berarti rantai blok. Teknologi canggih ini memanfaatkan resource dari komputer yang membentuk rantai blok berisi berbagai informasi, dimana setiap blok yang berisi informasi akan saling terhubung satu sama lain.

Dalam setiap blok yang berisi data terdapat 3 elemen utama, yaitu data, hash, dan hash dari blok sebelumnya. Hash tersebut merupakan kode unik berisi tanda tangan atau sidik jari dari pengguna yang berguna sebagai penanda setiap blok-blok data beserta isinya sehingga orang lain tidak mengetahui siapa yang melakukan transaksi atau menyimpan data tersebut. Blok-blok yang saling terhubung membentuk rantai tersebut akan digunakan untuk mengeksekusi sebuah transaksi.

Teknologi Blockchain mampu berjalan dengan sendirinya menggunakan algoritma komputer tanpa ada sistem tertentu yang mengaturnya sehingga teknologi ini sifatnya tidak terpusat. Hal inilah yang menyebabkan teknologi canggih Blockchain menjadi populer dikalangan masyarakat. Teknologi blockchain banyak dipergunakan di dunia perbankan digital seperti bitcoin dan cryptocurrencies yang dapat dijalankan tanpa bantuan pihak ketiga.

Keunggulan Teknologi Blockchain

Teknologi canggih blockchain memiliki beberapa keunggunlan dalam penggunaannya diantaranya yaitu :
● Sistem transaksi dengan teknologi ini sangat transparan. Saat melakukan transaksi, ada fitur yang dikenal dengan public access yang bisa dilihat semua orang tanpa harus melakukan login.
● Teknologi ini memiliki perlindungan data yang sangat baik dengan sistem verifikasi oleh para miner sebelum dieksekusi di banyak komputer, sehingga resiko untuk diserang hacker tidak akan bisa.
● Teknologi ini lebih efesien dan cepat dalam melakukan proses transaksi mata uang konvesional yang membutuhkan waktu sangat lama.
● Teknologi blockchain dilengkapi enkripsi dengan kriptografi, sehingga teknologi ini sangat aman digunakan dan dapat meminimalisir tindakan penipuan.
● Teknologi ini memiliki sistem audit yang sangat baik

Sistem Kerja Teknologi Blockchain

Sistem kerja dari teknologi blockchain ini terdiri dari dua jenis sistem record yaitu transaksi dan blok. Setiap blok berisi hash kriptografi yang membentuk sebuah jaringan. Hash kriptografi ini memiliki fungsi untuk mengambil data dari blok asal dan mengubahnya menjadi compact string sebagai alarm pendeteksi apabila ditemukannya potensi sabotase.

Teknologi ini memiliki sistem kerja oleh komputer yang sudah diinstal perangkat lunak atau software khusus, sehingga teknologi ini tidak memiliki otoritas dengan kendali penuh. Para penambang bitcoin, perlu menyiapkan komputer khusus untuk melakukan perhitungan matematis agar dapat menemukan celah blok baru di blockchain. Perhitungan yang dihitung adalah nilai hash baru berdasarkan kombinasi hash kriptografi dari sebelumnya.

Ketika ada transaksi yang dilakukan antara toko online yang menyediakan Wallet Bitcoin dengan para pembeli, maka transaksi tersebut akan dikirim kepada miners bitcoin. Oleh karena itu, blok baru akan tercipta dan digunakan untuk menyimpan bitcoin dalam transaksi tersebut.

5 Perusahaan Startup Indonesia, Berbasis Teknologi Blockchain

Perkembangan teknologi canggih Blockchain di Indonesia, ditandai dengan adanya perusahaan startup yang memiliki layanan berbasis teknologi Blockchain. Berikut dibawah ini 5 perusahaan startup Indonesia dengan layanan teknologi Blockchain :

1. Perusahaan Blockchain Zoo
Perusahaan startup pertama yaitu Blockchain Zoo. Perusahaan ini menawarkan jasa bagi perusahaan yang ingin menerapkan teknologi Blockchain dalam bisnisnya. Perusahaan ini menyediakan fasilitas pelatihan sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan yang ingin menggunakan jasanya, misalnya seperti business progress, supply chain hingga melacak transaksi di dark web.

2. Perusahaan Corechain
Selain Blockchain Zoo, Corechain juga termasuk perusahaan yang menyediakan jasa layanan berbasis Blockchain. Perusahaan ini memiliki layanan untuk mengatasi masalah sistem terkait teknologi blockchain, misalnya seperti pengembangan, operasional, hingga keamanan. Hingga saat ini, perusahaan Corechain telah menjadi mitra perusahaan ternama seperti PT Antam Indonesia dan PT Pos Indonesia.

3. Perusahaan Indodax
Perusahaan startup selanjutnya yaitu Indodax. Perusahaan ini merupakan perusahaan layanan blockchain pertama yang sudah berdiri sejak tahun 2013. Perusahaan Indodax memiliki layanan teknologi blockchain sebagai marketplace untuk melakukan transaksi digital aset, dengan memperdagangkan mata uang digital bitcoin, dash, ethereum, dan litecoin.

4. TokoCrypto
Sama seperti Indodax, TokoCrypot juga perusahaan startup Indonesia yang menyediakan layanan berbasis blockchain sebagai marketplace untuk transaksi mata uang digital. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga menawarkan aset kripto ke berbagai daerah yang ada di Indonesia. Di Indonesia sudah banyak yang menggunakan jasa dari perusahaan ini dengan jumlah pengguna sudah mencapai 1,2 juta pengguna, serta nilai transaksi yang dilakukan sudah lebih dari 100 miliar per harinya.

5. Block Tech
Perusahaan startup terakhir yang melayani teknologi blockchain yaitu Block Tech. Tidak hanya pengembangan, perusahaan ini juga menerima konsultasi terkait sistem dari teknologi blockchain. Perusahaan ini memiliki coworking space bernama Blockchain Space sebagai wadah bagi orang yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait blockchain.

Itulah penjelasan tentang teknologi blockchain, serta perkembangannya di Indonesia. Semoga apa yang disampaikan dalam artikel ini, dapat bermanfaat bagi Anda yang belum mengenal terkait teknologi canggih ini.